Topics :
Home » , » 11 Tips Mencegah Kanker

11 Tips Mencegah Kanker

Written By Unknown on Senin, 04 Juni 2012 | 23.53




1. Menjaga berat badan. Jagalah berat badan agar tetap ideal sejak dini. Kelebihan berat badan bahkan jika sampai obesitas mengundang resiko berbagai penyakit termasuk kanker. Sebuah studi di A.S melaporkan bahwa bertambahnya berat badan di usia pertengahan (50 tahun ke atas) atau menopause secara signifikan akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Supaya tidak mudah gemuk di usia pertengahan agar menjaga berat badan tetap ideal sejak dini.


2. Makan buah dan sayur segar. Konsumsi buah dan sayur-sayuran yang dianjurkan adalah 2 – 3 porsi buah-buahan dan 3 – 5 porsi sayur-sayuran dalam sehari untuk mendapatkan antioksidan yang cukup. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi di antaranya brokoli, kembang kol, kol/kubis, bayam, sawi, wortel, tomat, sirsak, stroberi, jeruk, anggur dan lainnya. Konsumis sayuran keluarga kol/kubis sebaiknya dalam keadaan mentah atau setengah matang supaya fitokimia di dalamnya tidak rusak.

3. Hindari makanan berminyak. Konsumsi lemak, baik lemak jenuh, lemak trans, dan omega 6 dapat menjadi resiko terjadinya kanker payudara. Karena itu batasi konsumsinya dan ganti dengan lemak tak jenuh misalnya yang berasal dari ikan tuna, sardin, ikan kembung, minyak zaitun, alpukat. Minyak zaitun yang mengandung polifenol mampu melindungi diri dari kanker.

4. Karbohidrat secukupnya. Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi nasi putih atau roti dalam jumlah yang tepat. Tetapi jauh lebih baik dengan mengurangi takarannya dan ganti dengan karbohidrat yang memiliki kadar glikemik yang rendah seperti bekatul atau roti gandum yang tinggi serat dan mengandung liginin yang menyehatkan. Gula putih dan makanan yang manis-manis pun sebaiknya dikurangi karena dapat memicu perubahan hormonal pada wanita dan akan meningkatkan pertumbuhan sel-sel dalam jaringan payudara.

5. Makan kedelai. Menambahkan konsumsi kedelai dan sebaiknya diolah tanpa minyak (direbus). Tahu, tempe dan susu kedelai terbukti meyehatkan. Sebuah studi epidemiologi memperlihatkan konsumsi produk kedelai berkait erat dengan berkurangnya resiko kanker. Sebaiknya memilih produk kedelai lokal, organik atau yang tidak mengalami proses rekayasa genetik.

6. Olahraga secara teratur. Olahraga jenis kardiovaskular seperti lari, jogging atau jalan cepat selama 30 menit sangat baik dalam memperkuat daya tahan tubuh. Lakukan 3 – 5 kali seminggu dan jadikan kebiasaan yang konsisten.

7. Hindari stress. Pelihara mental, berfikir postif dan biasakan humor. Ciptakan hubungan silaturahmi yang baik dalam keluarga, pertemanan dan dalam lingkungan pekerjaan. Ingatlah, baik perasaan positif maupun negatif sangat mudah menciptakannya, tergantung pilihan kita untuk fokus pada perasaan yang mana.

8. Istirahat cukup. Istirahat cukup 7 – 8 jam per hari, tidur tidak terlalu larut dan bangun segar di awal hari selain menyehatkan pikiran juga menyehatkan badan. Istirahat malam yang cukup akan memberi kesempatan tubuh untuk meremajakan diri secara alami, memperbaik sel-sel yang rusak dan hormo pertumbuhan bekerja secara optimal.

9. Hati-hati dengan obat-obatan kimia. Hindari pemakaian obat-obatan estrogen tanpa indikasi medis yang jelas, juga hindari bahan serupa estrogen seperti pestisida dan zat kimia lainnya yang sering ditemukan di dalam polutan. Memilih produk organik sangat dianjurkan. Atau cuci produk nonorganik dengan air bersih yang diberi garam atau baking soda.

10. Suplemen tambahan. Tambahkan suplemen jika tidak mendapatkan vitamin yang cukup dari makanan harian. Konsumsi suplemen yang mengandung multivitamin seperti vitamin C, vitamin E, Selenium dan lain sebagainya.

11. Hindari minuman beralkohol. Selain dalam agama dilarang juga secara kesehatan tidak menguntungkan. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan terganggunya tubuh dalam menyerap vitamin B dari makanan dan menganggu metabolisme tubuh serta memicu gangguan hormonal.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lawang Jabo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger